Wednesday, 30 May 2012

Hadist ke 3

عن أبي عبد الرحمن عبد الله بن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال؛ سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول؛ بني الائسلام على خمس؛ شهادة أن لا اله الاالله وأن محمدا رسول الله, واقام الصلاة, وايتاء الزكاة وحج البيت, وصوم رمضان.

Diriwayatkan dari Abu 'Abdur rahman 'Abdullah bin 'Umar bin Al-Khathab r.a, ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah S.A.W  bersabda; "Islam dibina di atas lima perkara: Bersaksi (menyakini) bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad itu Pesuruh Allah, mendirikan solat, menunaikan zakat, mengerjakan haji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan."
((Diriwayatkan oleh Al-bukhari dan Muslim)

     Hadist ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab Iman (Bab: Iman dan Sabda Nabi S.A.W: Islam di bangunkan di atas lima perkara").  no 8. Adapun dalam kitab Shahih Muslim terdapat dalam kitab Iman (Bab: Penjelasan tentang rukun Islam dan dasar-dasarnya yang tinggi martabatnya) n0 16.

A.  KUDUDUKAN HADIST     
      Hadist tentang "Rukun Islam" adalah merupakan hadist yang sangat masyhur. Ia merupakan salah satu dasar-dasar Islam dan juga dasar-dasar Hukum, melalui hadist inilah kita dapat mengetahui ajaran islam yang bersandar kepadanya , semua rukun ini secara jelas dan tegas dinyatakan di dalam A-Qur'an.

B.  INTISARI HADIST
1.   Mengetahui rukun Islam dan melaksanakanya secara ikhlas.
2.   Lima perkara ini merupakan fardhu (wajib) ke atas orang-orang yang sudah mukallaf.
3.   Selain yang lima itu, ia merupakan amalan tambahan sebagai pelengkap, kecuali jika ada dalil yang
      mewajibkannya, maka ia wajib dikerjakan.
4.   Ramadhan yang disebutkan dalam Hadist bisa di artikan sebagai bulan Ramadhan.

C.  TAFSIR HADIST
      Nabi Muhammad memberi nasihat kepada kita yang bahwa agama islam itu terdapat lima dasar. Seseorang tidak dapat dinyatakan Islam tanpa adanya lima perkara tersebut:

1.   Menyatakan bahwa Allah S.W.T itu Esa dan percaya kepada kerasulan Nabi Muhammad dan
      risalah beliau.
2.   mendirikan solat lima waktu serta memenuhi segala syarat dan rukunnya.
3.   Membayar zakat kepada orang-orang yang berhak yang telah ditentukan di dalam islam.
4.   Puasa di bulan Ramadhan dengan ikhlas serta niat yang suci karena Allah.
5.   Menunaikan haji bagi yang mampu.

      Selain dari lima perkara tersebut merupakan amalan tambahan sebagai pelengkap kepada yang lima itu, kecuali terdapat dalil-dalil syar'ie atau qat'ie tentang wajib melaksanakannya, maka wajib bagi kita mengerjakannya walaupun itu bukan dari lima perkara. contohnya "membayar hutang" dan lain sebagainya..!!

Note: "Sekira terdapat kesalahan dan kesilapan dalam artikel (hadist) ini, mohan kepda para yang membaca untuk meluruskanya."

Terimakasih Atas Kunjungan Anda!

Enter your email address:

Author-rights® by: QH

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
notifikasi
close