Sunday, 17 June 2012

Hadis ke 8

 عن ابن عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال؛ أمرت أن أقاتل الناس حتى يشهدوا أن لا اله الا الله وأن محمدا رسول الله ويقيموا الصلاة ويؤتوا الزكاة. فاذا فعلوا ذلك عصموا مني دماءهم وأموالهم الا بحق الاسلام وحسابهم على الله تعالى 


     "Diriwayatkan dari Ibnu 'Umar r.a, bahwa Rasulullah S.A.W bersabda: "Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka mau bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan bahwa Muhammad adalah Pesuruh Allah, dan mereka mendirikan solat, dan mereka menunaikan zakat. Apabila mereka telah melalukan itu, maka berarti mereka telah melindungi darah dan hartanya dariku melainkan dengan haq Islam, dan hisab mereka di sisi Allah Ta'ala."

     Hadist ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Kitab Iman (Bab: Jika mereka bertaubat dan mendirikan Solat) no 25. Dalam Kitab Sahih  Muslim terdapat pada Kitab Iman (Bab: Perintah memerangi manusia sampai mereka mengatakan لا اله الا الله محمد رسول الله) no 22. Sedang kalimah
Illa bi Haqqil-Islam hanya terdapat dalam kitab Shahih Al-Bukhari, dan tidak ada dalam kitab Shahih Musli.

A.  KEDUDUKAN HADIST
      Hadist ini ternyata tinggi sekali nilainya karena ianya mencakupi berbagai kepentingan dari kaedah-kaedah agama Islam, yaitu Syahadah yang disertai dengan keyakinan yang kukuh, bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Utusan Allah, mendirikan solat sesuai dengan yang diperintahkan dan mengeluarkan zakat kepada yang berhak menerimanya.

B.  INTISARI HADIST
1.   Syarat keIslaman seseorang adalah dengan mengucap dua kalimah syahadah.
2.   Tidak dilarang memerangi orang-orang musyrik kecuali apabila mereka mengucap
      dua kalimah syahadah.
3.   Dibenarkan memerangi orang-orang yang meninggalkan solat dan zakat.
4.   Kislaman seseorang dapat melindungi darah dan harta mereka.
5.   Hukum-hukum itu berlaku dalam urusan-urusan lahir, manakala dalam urusan-urusan batin,
      hukumnya berada di tangan Allah sendiri.
6.   Orang yang telah mengucap dua kalimah Syahadah, menegakkan solat dan mengeluarkan zakat,
      maka baginya berlaku hukum-hukum Islam seperti qisas, hudud dan lain-lain.
7.   Tidak dibenarkan mengkafirkan ahli bid'ah yang masih tetap mengakui ke-Esaan Allah
      dan mengikut syari'at Islam.

C.  TAFSIR HADIST
      Hadist ini menerangkan bahwa Allah S.W.T menyuruh kita memerangi orang-orang kafir seperti Israel sehingga mereka mau mengakui bahwa tiada Tuhan yang wajib disembah dengan sebenar-benarnya selain Allah, dan mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah Utusan Allah, serta mendirikan solat lima waktu sehari-semalam dan nengeluarkan zakat sebagai tanda pengakuan keislamannya.

      Apabila mereka telah melaksanakan kesemuanya itu dan mentaati kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah, maka jiwa dan harta mereka dilindungi. Selain daripada itu berlaku ke atas mereka hukum Islam, sperti; qisas, hudud dan lain-lain sebagainya. Apabila mereka melaksanakan kesemuanya itu dengan niat yang iklas karena Allah, maka mereka itu dinilai sebagai orang-orang mu'min. Tetapi apabila mereka melaksanakan semua itu dengan berpura-pura dan takut kehilangan jiwa dan harta bendanya, maka maka mereka dinilai sebagai orang-orang munafiq (hipokrit). Dan Allah Maha mengetahui segala isi hati mereka dan Dia sendirilah yang akan memperhitungkannya. Dia Maha mengetahui segala rahasia yang tersembunyi sekecil apa-pun.

Note: Jika ada kesilapan dalam penulisan hadist ke 8 ini, mohon di perbaiki. jazakumullahu khairan.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda!

Enter your email address:

Author-rights® by: QH

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
notifikasi
close