Wednesday, 29 August 2012

Arti Agama Islam

Assalamu'alaikum..!!

     Agama Islam adalah agama samawi terakhir yang diturunkan oleh Allah dengan perantaraan Rasul-Nya Muhammad S.A.W, untuk keselamatan seluruh umat manusia. Agama Islam diturunkan Allah dengan jalan Wahyu, yaitu dengan perantaraan Malaikat Jibril. Rasulullah diberi bermacam-macam mukjizat oleh Allah, yaitu hal-hal luar biasa untuk melemahkan musuh, Mukjizat yang terbesar ialah turunnya Al-Qur'an kepadanya. Di dalam Al-Qur'an dinyatakan urusan duniawi dan urusan ukhrawi (akhirat).
     Al-Qur'an menjadi petunjuk bagi orang yang takut, peringatan bagi orang yang lalai, serta kabar gembira bagi orang yang mengimaninya.
     Sebelum agama Islam datang, dunia dalam keadaan gelap gulita, penuh oleh kabut kejahilan, keaniayaan, dan kezaliman. manusia hanyut dalam memperhambakan diri kepada berhala-berhala, binatang-bintang, matahari dan sebagainya. Namun setelah ajaran Islam datang, dengan cara berangsur-angsur, maka terbukalah hijab dihati manusia, setelah lama tertutup oleh kepercayaan dan itikad yang sesat menyesatkan. penyembahan kepada berhala, matahari, bulan dan sebagainya, akhirnya bertukar dengan penyembahan kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam. Nabi Muhammad terus berupaya memperbaiki budi pekerti mereka, serta membawa mereka kepada jalan yang benar, walaupun banyak rintangan yang beliau hadapi.
     Beliau belum merasa puas sebelum manusia ini mengakui bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah dan bahwa Muhammad Utusan Allah. Pengakuan dan persaksian inilah yang menjadi tiang pertama yang paling fundamental dalam Islam.

     Adapun rukun Islam itu ada lima macam, yaitu:
1.  Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad S.A.W utusan Allah.
2.  Mendirikan solat lima waktu.
3.  Menjalankan puasa di bulan ramadhan.
4.  Membayar zakat jika sampai nisab.
5.  Menunaikan ibadah haji ke Baitullah bagi yang mampu.

Perhatikan Hadist ini:

عن ابن عمر ر.ع. قال؛ سمعت رسول الله ص.م. يقول؛ بني السلام على خمس؛ شهادة ان لا اله الا الله وان محمدا رسول الله واقام الصلاة وايتاء الزكاة وصوم رمضان.  رواه البخارى و مسلم 

Artinya:
"Dari Ibnu Umar r.a ia berkata, 'Aku pernah mendengar Rasulullah S.A.W bersabda, 'Dibangunkan (ditegakkan) Islam itu atas lima perkara: Pengakuan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad itu Rasulullah, menegakkan solat, mengeluarkan zakat, haji ke baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan (H.R. Bukhari dan Muslim)

     Kelima rukun Islam wajib ditegakkan oleh setiap muslim, sebagai tanda keimananya.
Dalam rumah tangga atau gedung, lima perkara ini belum cukup sebab "rumah tangga" atau "bangunan" harus dilengkapi dinding, atap, dan lainnya agar tampak sebagai rumah yang indah.
     Rumah tangga Islam barulah dapat dinamakan rumah tangga, bila di dalamnya diamalkan ibadah, muamalah menurut Islam, munakahat dan jinayat. Demikian pula dalam sebuah negara. Semua itu wajib dilaksanakan menurut peraturan yang diturunkan Allah. Hal ini harus diperhatikan oleh penguasa negara.

     Allah S.W.T berfirman:

ومن لم يحكم بما انزل الله فاولئك هم الكافرون

Artinya:
    "Dan barang siapa yang tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah kafir." (Q.S. Al-Maidah: 44)

   Dalam ayat lain:

ومن لم يحكم بما أنزل الله فأولئك هم الظالمون

Artinya:
     "Dan baransiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka ia itu adalah orang-orang yang zalim." (Q.S. Al-Maidah: 45)

     Demikian pula firman Allah S.W.T:

ومن لم يحكم بما انزل الله فاولئك هم الفاسقون

artinya:
     "Dan barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut yang diturunkan Allah, maka merekalah orang-orang yang fasik." (Q.S. Al-Maidah: 47)
 

                                              ❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤❤

Enter your email address:

Author-rights® by: QH

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
notifikasi
close